Siapkan Bantuan Bibit Gratis dan Massifkan Gerakan Menanam Tanaman Holtikultura di Kota Kendari, Kadis Pertanian: Ini Upaya Kita Untuk Menekan Angka Inflasi

  • Bagikan

“Misalnya dibeberapa tempat itu, kami juga sudah lakukan itu (memberikan bibit), dan bahkan di sentra-sentra produksi misalnya di Mandonga, dibagian Labibia itu ada sentra produksi bawang merah dan cabe, di Poasia juga cabe kriting, dan cabe besar, kalau di Baruga kan memang disana ada sawah, dan ada juga kebun buah yang sudah kita launching kemarin, disamping juga tanaman jagung, kemudian tanaman holtikultura juga ada,”bebernya.

Kata Sahuriyanto, jadi program ini kan, kita launching bulan Januari 2023, untuk menekan inflasi, makanya kita laksanakan program gerakan menanam, bahkan program ini disupport dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Holtikultura, kita dibantu bibit-bibit sayuran, terong, kangkung, seledri, cabe, dan bawang.

“Jadi hasil dari gerakan menanam itu, yang pertama kita dorong warga masyarakat, artinya kalau dia menanam disamping kiri kanan rumahnya, itu kan berarti ketersediaan pangan khususnya Cabe, sayuran dan lain sebagainya tersedia.
Tidak perlu lagi, kalau dia mau mosonggi, harus beli cabe lagi di pasar,”jelasnya.

Lebih lanjut Kadis Pertanian menambahkan bahwa target yang kedua program ini, yakni berbasis petani, itu juga kita dorong supaya dia berhasil, dan hasilnya itu bisa dijual ke pasaran, dan tentu dengan harga yang bersaing di pasar.

“Kita lihat di televisi cenderung harga naik, seperti cabe kriting, cabe rawit, tapi karena kita perbanyak stok di warga, ini kan akhirnya persediaan tersedia baik dipasar dan di warga, sehingga dia tidak terlalu mempengaruhi,”ucapnya.

  • Bagikan