TNI AL Kendari-Kesbangpol Edukasi Warga Pesisir Bela Negara

  • Bagikan

“Artinya kesadaran dari masyarakat itu sangat dibutuhkan dalam menjaga wilayah laut kita. Bukan hanya TNI AL, tetapi peran masyarakat juga penting sebagai bentuk dan wujud bela negara,” tutur dia.

Komandan Lanal (Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan merawat laut sangat penting dilakukan untuk keberlangsungan hidup.

Dia menerangkan penanaman bibit mangrove sangat penting untuk dilakukan karena memiliki manfaat yang banyak di antaranya mencegah abrasi pantai, terjadinya pendangkalan serta akan menimbulkan biota biota kehidupan bawah laut.

“Contohnya kepiting mangrove bisa dari situ kemudian menyerap karbondioksida. Jadi polusi-polusi yang ada itu akan terserap dengan adanya mangrove tadi,” katanya.

Lebih lanjut dia menerangkan di pesisir pantai memiliki tiga ekosistem yang mempunyai manfaat sangat besar bagi kehidupan manusia termasuk kehidupan biota laut di antaranya terumbu karang, padang lamun dan mangrove.

“Terumbu karang dan padang lamun ini akan mereduksi ombak yang ada di pesisir pantai kemudian terumbu karang fungsinya sebagai tempat bertelurnya ikan-ikan. Sementara mangrove itu mencegah dari gelombang pasang yang tinggi,” kata Danlanal Kendari.(Antara/fajar)

  • Bagikan