Lagi, Institut Teknologi Kelautan Buton Kembali Berpartisiasi di Kancah Nasional, Ini Kata Rektor

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebagai perguruan tinggi masih terbilang baru, Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton mampu menunjukan eksistensinya untuk tampil dan mendapatkan tempat di kancah nasional, dimana kali ini universitas tersebut tampil memberikan presentasi pada acara yang digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap, kemarin, di Jakarta.

Dalam acara yang berlangsung sejak tanggal 11-14 Oktober 2023 tersebut, sebelum melakukan presentasi, Rektor Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton, Prof Ir H La Sara MS PhD menjadi moderator Inspektur Jenderal KKP menggantikan Dirjen PT KKP.

“ITK Buton baru saja mengikuti pembahasan teknis terkait pelaksanaan kebijakan penangkapan ikan terukur, dan alhamdulillah perguruan tinggi kita ini termasuk salah satu akademisi bidang kelautan dan perikanan yang ada di daerah, namun bersanding dengan universitas terkemuka lainnya yang telah lama berdiri,” tutur Rektor ITK Buton, Minggu (15/10).

Menurut Prof La Sara, acara tersebut bersifat penting karena terkait dengan hal-hal yang bersifat mendasar dan teknis, terkait bagaimana pelaksanaan kebijakan penangkapan ikan terukur, termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pelaku usaha.

“Dalam rangka pelaksanaan kebijakan penangkapan ikan terukur ini, maka pemerintah telah menerbitkan sejumlah peraturan, pertama Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur. Kedua, Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 28 Tahun 2023, tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2023, tentang Penangkapan Ikan Terukur. Dan ketiga, Surat Edaran (SE) Menteri Kelautan dan Perikanan No. B.1569/MEN-KP/X/2023, tentang Tahapan Pelaksanaan Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur pada Tahun 2023,” paparnya.

  • Bagikan

Exit mobile version