Sambut Hari Bhayangkara ke 78, Bidkum Polda Sultra Gelar Lomba Debat Hukum Bahas Hoax dan Restoratif Justice

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Bidang Hukum (Bid Kum) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar lomba debat hukum di Aula Dachara, Kamis (6/6).

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Hukum Polda Sultra Kombes Pol La Ode Proyek Widu, S.H., M.H., dan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum dari 3 Universitas besar di Kota Kendari, yaitu Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra).

Lomba debat hukum ini mengusung tema yang hangat diperbincangkan, yaitu “Permasalahan Penegakan Hukum Polri terkait dengan Penyebaran Berita Hoax serta Penerapan Restorative Justice”

Tema ini dipilih untuk mendorong para mahasiswa Fakultas Hukum agar lebih memahami peran Polri dalam penegakan hukum di era digital dan pentingnya Restorative Justice (RJ) dalam menyelesaikan konflik di masyarakat.

Kombes La Ode Proyek Widu dalam sambutannya menegaskan bahwa lomba debat hukum ini diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara 1 Juli mendatang.

“Tujuannya adalah untuk mewujudkan sinergitas antara Polri dan perguruan tinggi dalam mendukung pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),”ujarnya.

Lanjutnya, para peserta debat hukum dihadapkan pada materi yang berkaitan dengan dua isu penting, yaitu RJ dan Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Kedua materi ini dipilih karena dianggap perlu dipahami oleh generasi muda, khususnya mahasiswa hukum, agar dapat membantu Polri dalam menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat,”jelasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version