Tingkatkan Kemampuan Humas di UPT, Kanwil Kemenkumham Sultra Gelar Pelatihan Kehumasan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dalam meningkatkan kemampuan humas di Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan kehumasan di Zahra Syariah Hotel, Jum’at (5/7) lalu.

Diawali dengan materi Manajemen Kehumasan oleh Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kehumasan pada Biro Humas, Hukum dan Kerjasama (Hukerma), Tubagus Erif Faturahman serta materi terkait penulisan berita oleh Tim Humas dari Biro Hukerma Sekretariat Jenderal, Christo Rico Lado.

Ketua Pokja Kehumasan Biro Hukerma dalam paparannya membawakan materi terkait manajemen pemberitaan, iklan, pemantauan media, serta manajemen komunikasi krisis. Kemudian dilanjutkan dengan paparan terkait teknik penulisan berita oleh Tim Humas Setjen Kemenkumham.

“Dalam menulis berita pada prinsipnya menggunakan 5W + 1H dan konsep piramida terbalik, dimana judul dan lead beritanya harus keterkaitan satu sama lain untuk membuat berita tersebut menjadi lebih menarik” ujar Christo Rico Lado saat membawakan materi teknik penulisan berita.

Sementara itu, dalam materi terakhir yang dibawakan oleh narasumber dari Kendari Pos, Arham Rasyid, dimana dalam materinya yang membahas terkait dengan Manajemen media sosial. Arham membagikan beberapa tips dan trik dalam menulis berita online agar dapat menarik pembaca.

“Kedepankan 5W+1H, judul tegas tanpa clickbait, singkat, padat, jelas dan mudah untuk dipahami, minimalisir bahasa ilmiah, serta berita harus tuntas dan tidak menggantung,” terangnya.

  • Bagikan

Exit mobile version