Senada dengan itu, Kepala Ombudsman RI Mastri Susilo menyampaikan juga apresiasi kepada jajaran imigrasi kelas I TPI Kendari terhadap terobosan inovasi terkait layanan publik menuju Zona Integritas WBK/WBM.
Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik dengan terus mengimplentasikanya program Ikeni Bersinar dengan komitmen dan konsistensi, dan ini harus dijalankan secara transparan dan akuntabel dari mulai level pimpinan hingga seluruh jajaran Imigrasi Kelas I TPI Kota Kendari
“Saya mengusulkan kepada Kakanwil Kemenkumham Sultra agar Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari dijadikan pilot project percontohan terkait Inovasi pelayanan untuk jajaran unit Kemenkumham se sultra, agar inovasi layanan tersebut dapat diadopsi untuk diterapkan di unit kerjanya, Selain itu ini juga dapat menjadi percontohan bagi instansi lain di luar jajaran Kemenkumham,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas I TPI Kendari Barlian Gunawan mengatakan apa yang diinovasikan oleh Imigrasi Kelas I TPI Kendari dalam rangka peningkatan pelayanan publik.
“Kami berserta jajaran akan terus berkomitmen dan konsisten dalam melayani masyarakat terkait keimigrasian, dan saat ini kami punya Program Inovasi Layanan yang kami beri nama “Ikeni Bersinar” yang merupakan kepanjangan dari Imigrasi Kendari Berkomitmen Siap Melayani dengan Ramah) yang didalamnya ada 8 program unggulan,” ujarnya.
Lanjut Mantan Kepala Imigrasi Kelas II Cilacap Provinsi Jawa Tengah ini, adapun 8 program inovasi layanan tersebut yakni Ikeni lapak (Imigrasi Paspor antar Kota/Kabupaten), Ikeni Sapa ( Imigrasi Kendari siap antar paspor anda), Ikeni Salto (Imigrasi Kendari sampai langsung foto), Ikeni Berkah (Imigrasi Kendari berdoa dan bersedekah), Lako Ikeni (Layanan Kolektif Imigrasi Kendari), Ikeni Yanti (Imigrasi Kendari melayani dengan hati), Si Langsing (sistem informasi pelaporan orang asing) dan Si Abang (sistem informasi persediaan barang).