Haid Berwarna Pekat dan Hitam, Waspadai Gejala Penyakit Ini

  • Bagikan

Lochia
Pendarahan yang terjadi empat sampai enam minggu setelah melahirkan dikenal dengan lochia. Pendarahan ini dimulai dengan gumpalan darah yang kecil dan lambat. Jika alirannya sangat lambat, darah yang teroksidasi dapat berubah menjadi coklat tua atau hitam.

Kanker Serviks
Walaupun ini sangat jarang terjadi, dalam beberapa kasus darah haid hitam merupakan pertanda dari adanya kanker serviks. Kanker serviks stadium awal umumnya tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, saat kanker sudah memasuki stadium lanjut, penderitanya kemungkinan mengalami, Penurunan berat badan, Kelelahan yang tidak biasa, Nyeri panggul, Kesulitan BAB dan kesulitan buang air kecil.

Telat Haid
Telat Haid adalah hal yang umum terjadi. Adapun darah haid hitam yang terjadi saat telat haid dapat menjadi bagian dari proses implantasi, yaitu saat di mana sel telur menempel pada lapisan rahim setelah terjadinya pembuahan. Tanda nya seperti telat haid, sering buang air kecil, mual-mual, dan mengalami gejala pusing.

Namun Di sisi lain, darah haid berwarna hitam juga dapat menjadi indikasi terjadinya keguguran pada janin. Embrio yang berhenti berkembang tetapi tidak dikeluarkan oleh tubuh selama empat minggu atau lebih dapat menyebabkan pendarahan berwarna hitam atau coklat tua.

Demikian penyebab dari darah haid berwarna hitam, Semoga bermanfaat. (dra/fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version