Usai Ekspedisi dan Eksplorasi, Tim Mahacala UHO Harapkan Pegunungan Tangkelemboke Konawe Agar Ditetapkan Menjadi Taman Nasional, Ini Alasannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Sebanyak 10 orang Anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mahacala) Universitas Halu Oleo (UHO) yang tergabung dalam Tim Ekspedisi dan Eksplorasi Tangkelemboke Mahacala UHO 2023 sukses menyelesaikan Ekspedisi dan Eksplorasi Kawasan Pegunungan Tangkelemboke yang berada di Kecamatan Latoma, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari 21 Agustus hingga 2 September 2023 yang dipimpin oleh Ketua Tim Ekspedisi dan Eksplorasi yakni Ma’ruf Asraruddin dan didampingi oleh Ketua Tim Penelitian Eksplorasi, M. Ridwan, Komandan Operasi Eksplorasi, Asramil Jamil, serta anggota lainnya yakni Alfip, La Ode Ramadhan Pangara, Yodi Fuadi, La Ode Muhammad Said, M. Aris Rouf, dan Imran Tumora.

Ekspedisi ini adalah kelanjutan dari ekspedisi yang telah dirintis sebelumnya pada tahun 2013, kemudian dilanjutkan pada Tahun 2014, akan tetapi kedua kegiatan ekspedisi belum berhasil mencapai Puncak Osu Nondooto di Pegunungan Tangkelemboke.

Kemudian di tahun 2023 ini, barulah Ekspedisi dan Eksplorasi di Pegunungan Tangkelemboke dapat mencapai puncak Osu Nondooto yang berada di ketinggian 2.421 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL) yang merupakan puncak kedua tertinggi di daratan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) setelah Pegunungan Mekongga di Kolaka Utara (Kolut).

Selain berhasil mencapai puncak, tim juga berhasil mengumpulkan data terkait keragamanan hayati, pengetahuan lokal, sosial, budaya masyarakat Tolaki yang berada di sekitar Pegunungan Tangkelemboke.

  • Bagikan