Sektor Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Tenggara Lolos Empat Besar ABBWI 2023

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mencatatkan prestasi tersendiri di sektor kepariwisataan nasional. Sultra berhasil masuk empat besar kandidat juara dalam ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2023 yang digelar Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI.

Hal tersebut terungkap dalam rapat online, Kamis (23/11), yang diselenggarakan secara bersama-sama antara Kedeputian Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI bersama dengan empat provinsi yang dinyatakan lolos dalam penilaian tahap pertama.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Belli mengatakan, Sultra masuk dalam nominasi juara bersama dengan Provinsi Jawa Barat (Jabar), Sumatera Barat (Sumbar), dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Dikatakan, penentuan empat besar itu dilakukan setelah melalui dua tahapan, yakni penilaian dan presentasi.

Pada tahap penilaian, tim reviewer Kemenkomarves menilai kebijakan sektor kepariwisataan pemerintah daerah dengan menggunakan delapan indikator. Pertama, pertumbuhan pergerakan wisatawan nusantara. Kedua, jumlah viewers promosi digital. Ketiga, tagline/slogan kampanye BBWI.

Keempat, anggaran pariwisata. Kelima, jumlah event skala regional/nasional/internasional. Keenam, strategi peningkatan pariwisata domestik daerah. Ketujuh destinasi terkurasi. Kedelapan, travel pattern (pola perjalanan wisata).

“Kita telah mengisi format penilaian itu berdasarkan kriteria yang diminta. Di tahap selanjutnya, kami juga telah melakukan presentasi di hadapan para reviewer,” jelas Belli.

  • Bagikan

Exit mobile version