Babinsa Lainea Laksanakan Monitoring Wilayah Banjir di Kecamatan Laeya, Ratusan Rumah dan Lahan Pertanian Terendam Banjir

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1417-04/Lainea Kopda Rukimin melaksanakan pemantauan banjir di wilayah binaan Desa Ambesea dan Desa Laeya di Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, Kamis (4/7).

Pemantauan terhadap terjadinya banjir akibat curah hujan yang tinggi serta pasangnya air laut sehingga merendam rumah penduduk serta lahan pertanian.

Dalam pemantauannya, Kopda Rukimin mengatakan bahwa banjir yang berada di Desa Ambesea dan Laeya adalah pasangnya air laut dengan luapan Kali Ambalodangge dan Kali Aosole serta sungai kecil yang berada di beberapa wilayah Kecamatan Laeya dan Kecamatan Palangga serta Kecamatan Wolasi.

“Untuk ketinggian debit air saat ini sekitar 70 cm yang merendam rumah warga dan untuk di permukaan jalan Desa Ambesea debit air naik sekitar 30 cm,” ujarnya.

Lanjutnya, adapun data kerugian di Desa Laeya yakni rumah warga terendam banjir sekitar 80 rumah, lahan pertanian sekitar 150 hektar dan Desa Ambesea sekitar 20 rumah serta lahan pertanian 100 hektar.

“Dalam kejadian tersebut beruntung tidak ada memakan korban jiwa,” pungkasnya.(IMR/FNN).

  • Bagikan