Dorong Potensi Pertanian Kopi, Pupuk Kaltim Edukasi Petani Temanggung Pemupukan Berimbang

  • Bagikan

Dijelaskan Indah, Gemawang sebagai salah satu sentra pertanian kopi di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, memiliki bentang alam yang sangat cocok untuk pengembangan komoditas tersebut. Terlebih produksi kopi jenis robusta merupakan sektor unggulan dengan kuantitas yang cukup besar. Namun sayangnya saat ini pengolahan hulu kopi Gemawang banyak belum sesuai standar, dan baru 20 persen dari total produksi yang bisa dikategorikan sebagai robusta premium.

Oleh karena itu, Pupuk Kaltim pun ingin mengambil peran dalam mendorong produktivitas kopi Gemawang dengan lebih optimal, sehingga komoditas tersebut bisa dikembangkan sesuai standar pengolahan mulai dari sistem pertanian secara terintegrasi, dengan daya dukung lahan yang lebih maksimal. Terlebih produk Pupuk Kaltim sangat cocok untuk berbagai karateristik tanaman dan lahan, yang sejauh ini telah terbukti efektif meningkatkan kualitas maupun kuantitas berbagai komoditas pertanian.

“Dengan rekomendasi produk yang cocok untuk karakteristik tanaman dan lahan pertanian, Pupuk Kaltim optimis potensi pertanian kopi Gemawang bisa lebih dimaksimalkan. Didukung tata kelola pemupukan hingga pengolahan yang sesuai agar kualitas maupun kuantitas kopi lebih terpacu,” tandas Indah.

Menurut dia, peranan pupuk tunggal N (Nitrogen) dengan pupuk majemuk menciptakan kombinasi yang baik dalam menunjang proses pertumbuhan tanaman pada masa Tanaman Belum Menghasilkan (TBM), maupun tanaman menghasilkan (TM). Kandungan unsur ini terdapat dalam NPK Pelangi formula 16-16-16, 12-12-17-2 hingga 13-6-27-4, yang terbukti sangat baik untuk perkembangan tanaman kopi.

  • Bagikan