Prodi Psikologi Universitas Mandala Waluya Kendari Gelar Assesmen dan Pelatihan Anti Korupsi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Universitas Mandala Waluya (UNW) Kendari melalui Program Studi Psikologi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Bisnis mengelar kegiatan Assesment dan Pelatihan Anti Korupsi, selama dua hari Jumat-Sabtu (27-28/7) bertempat di kampus tersebut.

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa UNW merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat, dimana para mahasiswa dibekali pemahaman anti korupsi sekaligus diberikan assesmen.

Ketua tim kegiatan Dr. Andi Asri, SKM, M.Kes didampingi anggotanya Jabbal Apriawal, S.Psi, M.Psi, Psikolog dan Muhammad Syukri Sirajuddin, S.Psi, M.A menjelaskan sasaran kegiatan yang dilaksanakan adalah mahasiswa psikologi sebagai aktor utama yang di kampus dan juga para dosen.

Dalam pelaksanaan assesmen, ditemukan jika mahasiswa seringkali mengalami kemunduran prestasi sehingga membuat lama masa studi, disamping itu pula ditemukan fakta akademik dan non akademik terkait dengan potensi korupsi yang berdampak atau terjadi kepada mahasiswa, termasuk dosen dan tenaga kependidikan di program studi. “Korupsi itu tidak hanya pada uang, namun juga ada pada waktu,” ungkapnnya.

Karenanya, kondisi ini membutuhkan penanganan yang baik agar potensi korupsi tidak terjadi. Seperti orang tua mahasiswa tidak boleh mendapatkan tekanan ekonomi akibat pembayaran kuliah yang membengkak, atau adanya berbagai kebutuhan tambahan mahasiswa dengan pengulangan beban yang sama.

“Karenanya, diperlukan sasaran identifikasi potensi korupsi, yang tercermin dari sikap dan karakter mahasiswa,” tuturnya.

  • Bagikan

Exit mobile version