Pemkab Konawe Dorong Produktivitas Pertanian melalui Program Pompanisasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Dalam mendukung produktivitas pertanian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, melalui Dinas Pertanian Konawe telah menyerahkan 220 bantuan pompa air untuk petani.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Pj Bupati Konawe Stenley yang didampingi Kepala Balai Besar Sumber Daya Pertanian (BSIP) Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdul Wahab serta perwakilan dari Kodim 1417/HO,

Bantuan ini merupakan bagian dari Program Pompanisasi, yang bertujuan memperluas areal tanam padi dan meningkatkan produktivitas pertanian di Konawe yang selalu gagal panen karena kurang asupan air untuk mengaliri sawah petani.

“Para petani yang hadir, tak hanya datang untuk menerima bantuan, namun juga dengan harapan baru. Program ini memberikan secercah harapan, terutama bagi mereka yang selama ini kesulitan dalam hal irigasi,” ungkap PJ Bupati Konawe, Stanley kepada FAJAR.CO.ID, Senin (26/8).

Kata dia, Kabupaten Konawe, yang dikenal dengan lumbung pangan Provinsi Sultra ini, merupakan salah satu upaya konkret untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi pangan di tengah tantangan perubahan iklim dan keterbatasan sumber air.

Stanley menegaskan pentingnya pemanfaatan pompa air untuk lahan pertanian adalah langkah untuk menjaga ketahanan pangan di Konawe.

“Pemerintah, petani, dan seluruh elemen terkait harus berkolaborasi. Pompa air ini adalah bentuk dukungan pemerintah, namun pemanfaatannya ada di tangan petani. Kami berharap dengan bantuan ini, masalah irigasi yang selama ini menjadi kendala dapat teratasi,” ungkap Stanley.

  • Bagikan