Mengenal Tentang Penyakit Radang Usus Buntu atau Appendicitis, Ini Penjelasan dr. Indra Dika Pratama

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Penyakit radang usus buntu atau Appendicitis adalah radang yang terjadi pada usus buntu atau appendix vermicularis. Radang usus buntu ini merupakan salah satu penyebab nyeri akut pada perut yang paling sering pada anak-anak dan dewasa. Radang usus buntu dapat mengenai semua kelompok usia.

Usus buntu berukuran 8-10 cm dan berbentuk seperti kantong kecil atau seperti umbai cacing yang terletak pada usus besar disebelah kanan perut bawah.

Hal ini diungkapkan oleh dr.Indra Dika Pratama dalam tulisannya yang dikirim kepada FAJAR.CO.ID, Selasa (10/9).

Apa yang menyebabkan radang
usus buntu?

Jadi normalnya usus buntu akan mengeluarkan lendir 1-2ml per hari dan akan dialirkan ke usus besar, namun karena sumbatan menyebabkan lendir terperangkap di usus buntu dan akan menyebabkan infeksi pada usus buntu.

Apa yang menyebabkan sumbatan pada usus buntu?

Penyebab yang paling sering menyebabkan sumbatan adalah tinja , selain itu bisa juga karena tumor atau parasit yang ada di usus.

Apa saja gejala awal pada radang usus buntu?

Umumnya keluhan awal yang terjadi nyeri tumpul yang samar samar di daerah pusar (umbilical) tapi seiring waktu akan pindah di area perut kanan bawah dan ketika ditekan perut kanan bawah akan terasa sangat nyeri. Keluhan lain dapat berupa Demam, mual dan muntah, bisa juga terjadi diare jika ada infeksi pada usus besar.

Segera lakukan pemeriksaan di dokter jika ada gejala nyeri perut kanan bawah dan keluhan lainnya seperti diatas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui diagnosis penyakit yang diderita.

  • Bagikan

Exit mobile version