Tingkatkan Kapasitas Penyuluh untuk Ketahanan Pangan, Dinas TPHP Konawe Gelar Temu Teknis Penyuluh Pertanian

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe gelar temu teknis bersama seluruh penyuluh pertanian lingkup Kabupaten Konawe untuk terus meningkatkan kapasitas penyuluhan dalam ketahanan pangan. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Dinas Pertanian.

Kegiatan Temu Teknis Penyuluh Pertanian Kabupaten Konawe Tahun 2024 dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Konawe, Gunawan Samad.

Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Ferdinand Sapan, serta koordinator penyuluh pertanian dari 28 kecamatan.

Gunawan Samad menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian agar dapat memberikan pendampingan efektif kepada petani. Kegiatan ini juga bertujuan memperkuat sektor pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Ia menegaskan bahwa Kabupaten Konawe dipercaya sebagai lumbung pangan nasional oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian.

“Menjadi penyangga pangan di Indonesia adalah tugas yang tidak mudah, tetapi dengan kerjasama yang baik, kita bisa lebih ringan menjalankannya,” ujar Gunawan, Kamis (26/9).

Ia menambahkan bahwa anggaran untuk kegiatan cetak sawah sudah diusulkan dalam APBN dan APBD di tahun 2025.

Sementara itu, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan, juga menggarisbawahi peran penting penyuluh dalam kegiatan Perluasan Areal Tanam (PAT).

Ia berharap penyuluh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat menciptakan inovasi untuk meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani.

  • Bagikan