Forsub Sultra Gelar Aksi Sambut kedatangan Wapres RI di Bumi Anoa, Ini Tuntutannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Hari ini, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kedatangan orang penting di bumi anoa yakni 02 Republik Indonesia, Kedatangannya tidak lain guna meresmikan Smelter di Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin ini, diwarnai Aksi Unjuk Rasa dari Forum Rakyat Sultra Bersatu (Forsub) guna meminta Wapres RI untuk berdialog untuk menyampaikan banyaknya masalah yang terjadi di Sultra. salah satunya, masalah Penjabat-Penjabat Bupati di 3 Kabupaten yang ada di Provinsi Sultra.

“Mengapa kami anggap ini sebagai permasalahan serius dikarenakan ada wacana penunjukan Pejabat (Pj) Bupati tidak melalui usulan Gubernur sebagaimana yang tertuang dalam Permendagri No 1 tahun 2018, Olehnya itu, kami ingin meminta berdialog langsung denganWapres bagaimana pendapat beliau terkait permasalahan ini,”ujar Ketua Forsub, Sutrisno dalam orasinya, Rabu (18/5).

Lanjutnya, apalah gunanya Pemerintahan di Provinsi kalau toh juga diabaikan oleh Kemendagri.

“Tentu gerakan yang dibangun hari ini, adalah reaksi dari wacana-wacana yang berkembang baik di sosmed, tetapi tidak dalam kapasitas mengintervensi Kemendagri yang berwenang dalam persoalan ini,”ujarnya.

Sambungnya, kami juga yang tergabung dalam Forsub mewarning agar Mendagri Tito Karnavian saat ini untuk tetap memperhatikan usulan Gubernur sebagaimana yang menjadi kewenangannya dan yang benar-benar mengetahui kondisi keadaan di daerah.

“Mengapa ini menjadi perhatian Mendagri, agar tidak terjadinya kegaduhan ataupun konflik di tengah-tengah Masyarakat,”pungkasnya.(IMR/FNN).

  • Bagikan