Pemprov Sultra Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar, Subsidi Penerbangan ke Wakatobi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, WWAKATOBI — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) harus turun tangan menstabilkan penerbangan ke Wakatobi.

Pemprov memberikan subsidi sebesar Rp 1 miliar. Anggaran tersebut masuk dalam APBD Sultra 2022 dan melekat di Dinas Pariwisata Provinsi Sultra.

Atas “kemurahan hati” Pemprov, sehingga penerbangan ke Wakatobi sudah bisa dibuka lagi. Rencana, penerbangan kembali dibuka mulai hari ini, Sabtu (10/12).

Penjabat (Pj) Sekda Sultra, Asrun Lio mengungkapkan, pembukaan rute penerbangan ke Wakatobi penting dilakukan, dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun luar negeri di Bumi Anoa.

“Kami sudah komunikasi dengan pihak penerbangan (Wings Air) dan direncanakan tanggal 10 Desember sudah kembali beroperasi (rute penerbangan ke Wakatobi),” ungkap Asrun Lio, kemarin.

Asrun menambahkan, besaran subsidi penumpang rute penerbangan ke Wakatobi mencapai Rp 1 miliar. Bersumber dari APBD Provinsi Sultra tahun 2022 yang melekat di Dinas Pariwisata Sultra.

“Kami harap subsidi yang diberikan pemerintah, bisa memacu kembali geliat pariwisata di Pulau Wakatobi. Apalagi Wakatobi saat ini, menjadi salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam destinasi penyangga KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional),” pungkasnya.

Sekadar informasi, rute penerbangan ke Wakatobi nantinya akan menggunakan pesawat Wings Air dengan kapasitas 50 seat. Rencananya, pemerintah akan mensubsidi kursi yang tidak terisi penumpang setiap hari. (kp/fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version