Kakanwil Kemenkumham Sultra Hadiri HUT Buton Selatan Ke 9 dan Peresmian Patung Bung Karno dan Gajah Mada, Silvester: Indahnya Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BUTON SELATAN – Mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia (RI) Yasonna H. Laoly, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Silvester Sili Laba menghadiri kegiatan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang Ke 9 Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan acara Peresmian Patung Bung Karno dan Patung Gajah Mada yang bertempat di Kabupaten Buton Selatan, Sabtu (22/7).

Kegiatan Hari Jadi Ke – 9 Busel yang dirangkaikan dengan acara Peresmian Patung Bung Karno dan Patung Gajah Mada ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD RI, Ir. Hugua, Pejabat (Pj) Bupati Buton, Drs. Basiran, M.Si, Ketua DPRD Busel, La Ode Armada, Dandim 1413/Buton, Letkol Inf Ketut Janji, S.H, Komandan Pos TNI AL Baubau, Lettu Mar Catur Suryo Mulyanto, S. Sos dan Bupati Buton Periode Tahun 2001 – 2011 Ir. H. LM. Sjafei Kahar, M.Si serta Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Baubau, Teguh Santosa, S.H, M.M

Menurut Sejarawan Buton menerangkan bahwa pada tahun 1359 M, Gajah Mada beserta penggikutnya mendarat di Pesisir Selatan Buton, yaitu di Pantai Dolaa tepatnya di Kelurahan Majapahit atau Kelurahan Masiri saat ini, dan kemudian Gajah Mada menetap di Pegunungan Ombo Batara sampai beliau berpulang atau moksa Tahun 1365 M.

Jejak Gajah Mada di Busel terlihat dengan adanya Makam dan Prasasti Batu Batara yang bertuliskan huruf Sansakerta, yang kemudian oleh Tim Ahli Cagar Budaya ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya Peringkat Kabupaten Busel.

  • Bagikan