Antisipasi Dampak El Nino di Kabupaten Konawe, Pj Bupati Konawe Bakal Umumkan Status Tanggap Darurat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dampak Fenomena El Nino dapat menyebabkan kekeringan, berpotensi mengurangi persediaan air untuk rumah tangga dan pertanian serta meningkatkan potensi kebakaran semak, hutan, lahan dan perumahan.

Dalam rangka meminimalisir dampak resiko bencana tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba, dalam Minggu ini akan segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Bupati tanggap darurat terkait penanganan Dampak El Nino.

“Dampak El Nino di Kabupaten Konawe sudah terjadi, insya allah satu dua hari ini, saya segera mengeluarkan Surat Keputusan tanggap darurat bencana,”ungkap Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, Rabu (4/10).

Harmin Ramba juga menyampaikan kabar baik, atas kunjungannya di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat di Jakarta, bahwa Konawe akan mendapatkan program bantuan penanggulangan bencana tahun 2023 ini.

“Alhamdulillah, hasil pertemuan saya bersama Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Johny Sumbung, Kabupaten Konawe akan mendapatkan bantuan penanggulangan Bencana Tahun 2023 sebesar Rp.15 Miliar,”ucapnya.

Pj Bupati Konawe juga berharap kepada OPD teknis terkait kebencanaan agar respon lebih cepat hasil pertemuan dengan BNPB.

“Untuk OPD terkait, agar bergerak cepat merespon hasil pertemuan dengan salah satu direktur di BNPB hari ini, jangan bekerja setelah ada bencana, atau antisipasi sebelum ada bencana, itu intinya,” tegas Harmin Ramba.

Untuk diketahui, terkait antisipasi musim kemarau dan El Nino, Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui surat Nomor : 49.SR.140/M/03/2023, telah mengeluarkan perintah kepada seluruh Gubernur yang bersifat sangat segera.

  • Bagikan