Hadapi El Nino, Bupati Konsel Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Kebakaran dan Kekeringan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Kekeringan dan kebakaran hutan dan dan lahan termasuk pemukiman warga belakangan ini harus mendapat perhatian dan kewaspadaan. Pasalnya, El Nino atau musim kemarau saat ini sangat ekstrim dengan suhu panas yang cukup menyengat dan rawan menimbulkan kebakaran dan tentunya juga kekeringan.

Terkait musim kemarau yang sangat ekstrim saat ini membuat Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga meminta kepada seluruh masyarakat untuk waspada dan berhati hati, khususnya terhadap kebakaran hutan, lahan dan pemukiman.

“Saat ini, jangankan sengaja dibakar, membuang puntung rokok yang masih menyala, bahkan geseken ranting atau pohon saja bisa menimbulkan kebakaran dengan kondisi panas seperti ini. Karena itu selaku Pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati dan waspada atas musim panas belakangan ini ,”ujar Bupati Konsel kepada sejumlah awak media saat menggelar coffe moorning di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konsel, Jum’at, (6/10).

Lanjutnya, atas musim kemarau ekstrim ini, Pemerintah Kabupaten Konsel harus selalu waspada dan siap melakukan penanganan bencana dan pemberian bantuan kesehatan, pangan dan bantuan sosial.

“Musim kemarau panjang yang saat ini melanda wilayah, khususnya di Konsel membuat kita semua waspada dan melakukan persiapan. Instansi teknis seperti Damkar harus siap siaga satu kali 24 jam. Begitu juga dengan BPBD, Dinas Sosial dan Ketahanan Pangan selalu siap sedia,”tegasnya.

Orang nomor satu di Konsel itu juga menambahkan, musim kemarau yang ekstrim, oleh pemerintah juga telah melakukan persiapan-persiapan, seperti penyediaan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak, menyiapkan pasar murah di 25 Kecamatan, termasuk penyediaan Air bersih untuk warga.

  • Bagikan