Polemik Pertambangan PT WIN di Torobulu, Bupati Konsel : Semua Masalah Akan Ditangani Pemerintah Daerah, Jangan Karena “Tanah Merah” Terjadi Perpecahan Keluarga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga himbau masyarakat DesaTorobulu, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan untuk tetap tenang menjaga persatuan dan kesatuan, ketentraman dan ketertiban Desa Torobulu dan tidak mudah diprovokasi.

Dan menyampaikan bahwa apa yang menjadi masalah di Desa Torobulu sudah ia dengar dan catat apa yang menjadi keresahan warga, dan mulai besok tim dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konsel akan turun mengecek lapangan dan selanjutnya merumuskan bagaimana penanganan serta solusinya.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat turun memediasi warga Desa Torobulu terkait polemik pertambangan di wilayah tersebut, Senin (9/10).

“Jadi saya sudah catat dan mendengarkan semua apa yang disampaikan masyarakat, jadi kesimpulannya memang tambang ini berdampak, tidak bisa kita katakan tidak terdampak. Sekarang apa yang mau kita lakukan, bagaimana mengurai dampak ini,”

“Untuk agenda, pertemuan selanjutnya, setelah tim turun ini, dan DLH turun, kita petakan semuanya, kan ini baru katanya ini, saya bukan tidak percaya, tapi kan nanti tim turun, belakang rumah ini berapa meter, bagaimana solusinya, jadi kita akan paparkan semua. Intinya minggu ini kita rapatkan, dan paling lambat Jum’at kita sudah final, nanti kita undang mereka, jangan lama, nanti ada yang provokasi lagi. Mulai besok, kita koordinasikan,”ungkap Bupati Konsel dua periode ini dihadapan masyarakat yang hadir dalam pertemuan.

Lanjutnya, yang kedua, bagaimana masyarakat di sekitar tambang ini, memang kajian kita bukan hanya disini, semua itu daerah tambang rata-rata miskin, kenapa? karena kita hanya berharap mau ikut kerja, harus kita upayakan usaha lainnya.

  • Bagikan