Tinjau Fasilitas Kesehatan di Routa, Pj Bupati Konawe: Kita Bakal Anggarkan Mobil Operasional Untuk Puskesmas Routa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE- Penjabat (Pj) Bupati Konawe lakukan peninjauan terhadap fasilitas serta pelayanan kesehatan di Puskesmas Routa. Sabtu (21/10) lalu.

Kepala Puskesmas Routa Sukarman menjelaskan pihaknya telah mendapatkan bantuan dari PT. Sulawesi Cahaya Mineral (SCM) berupa fasilitas kursi, meja, tempat tidur namun itu juga belum mencukupi.

Sukarman menambahkan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskesmas Routa sudah luar biasa dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) 9 orang, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 21 orang, Peserta Nusantara Sehat ada 9 orang, dan Perawat Anak (PA) 5 orang.

“Artinya untuk kebutuhan tenaga kesehatan kita cukup tetapi kembali lagi dengan fasilitas operasional kami yang terbatas kita juga susah,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah Konawe untuk memberikan bantuan kendaraan operasional guna menunjang pelayanan kesehatan di Kecamatan Routa.

Sukarman menjelaskan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas Routa terbilang lengkap seperti Pelayanan Poli Umum, KIA, Gigi, Kesling, Promkes, dengan Lansia.

“Semua pelayanan ada untuk rawat jalannya,” bebernya.

Tempat yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba menjelaskan ini menjadi perhatian Pemda bagaimana tingkat fasilitas kesehatan di daerah terpencil bisa memadai.

Ia menambahkan untuk Puskesmas Routa masih ada kekurangan fasilitas pendukung seperti kendaraan operasional, kemudian speed boat untuk pasien rujukan.

“Karena rumah sakit rujukan terdekat dari sini ada di Sorowako, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel),” ungkapnya.

  • Bagikan