Raih Peringkat Ke 3 Pengelolaan DAK Fisik Tahun 2023, Pemkab Konawe Raih Penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra

  • Bagikan

Lanjut Harmin Ramba pembangunan dan pelayanan publik itu butuh strategi dan inovasi-inovasi baru, apalagi saat ini diperhadapkan dengan perkembangan zaman atau globalisasi.

Selain mendapatkan penghargaan pengelolaan DAK Fisik 2023, pada kesempatan ini Pemda Konawe juga mendapat penghargaan pelaporan dan kinerja Laporan Keuangan (LK) tahun 2023.

Ditempat yang sama, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto menggambarkan perkembangan lingkungan strategis mengenai ketidakpastian perekonomian global, perubahan iklim, dan geopolitik yang memanas.

Selanjutnya Pj Gubernur Sultra ini menyampaikan kembali arahan Presiden untuk menjadi atensi mengenai pengelolaan APBD di daerah.

“Pertama, gunakan anggaran secara disiplin teliti dan tepat sasaran. Kedua, kedepankan transparansi dan akuntabel. Ketiga, eksekusi anggaran sesegera mungkin. Keempat, siapkan antisipasi ketidakpastian melalui automatic adjusment. Kelima, manfaatkan dana transfer daerah untuk perbaikan layanan publik. Keenam, optimalkan penggunaan anggaran, tuntaskan agenda pembangunan yang sudah direncanakan,” bebernya.

Pj Gubernur juga mengingatkan fokus belanja prioritas tahun 2024 meliputi pendidikan, perlindungan sosial, infrastruktur, kesehatan, ketahanan pangan serta hukum dan Hankam.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, Agnes Widiastuti menambahkan pihaknya berharap Kabupaten/Kota di Provinsi Sultra dapat menjadikan data BPS sebagai acuan menyalurkan bantuan ke petani agar tidak salah sasaran.

Untuk diketahui, beberapa kabupaten di Provinsi Sultra yang turut mendapatkan penghargaan pengelolaan DAK Fisik tahun 2023, antara lain Sekda Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna, Kolaka Timur, Konawe Kepulauan, dan Kota Kendari.(IMR/FNN).

  • Bagikan