Pj Bupati Konawe Harapkan Destinasi Wisata di Soropia Dikelola Lebih Profesional Agar Dapat Meningkatkan Pendapatan Daerah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Kecamatan Soropia merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Konawe yang memiliki wilayah laut dengan aneka panorama alam yang memikat wisatawan baik lokal, nasional dan internasional.

Bagaimana tidak di Kecamatan ini terdapat beberapa destinasi wisata terkenal mulai Pulau Bokori, Pantai Toronipa, Taman Pendidikan Laut Bintang Samudera, Sawapudo Rock Climbing, dan beberapa vila wisata lainnya.

Dan saat ini akses jalan menuju wilayah ini dari Ibu Kota Provinsi Sultra sudah sangat cepat, karena telah terbentang Jalan Tol Kendari-Toronipa sepanjang 14,3 km yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diminta tanggapan oleh fajar.co.id terkait itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE.,MM mengatakan bakal mendorong pengelolaan pariwisata yang lebih baik di kawasan ini, sehingga mendongkrak pendapatan daerah Kabupaten Konawe dari sektor Pariwisata.

Dan ia juga mengharapkan agar pengelolaan pariwisata di wilayah itu, agar dikelola lebih profesional agar dapat naik kelas menjadi destinasi wisata nasional.

“Saya kira begini, ya. Ini kawasan pariwisata ini sebenarnya adalah wilayah kerja kita Kabupaten Konawe. Yang menjadi persoalan kawasan ini sebenarnya atau spot-spot wisata ini dimiliki oleh perorangan. Dan kita hanya mendapatkan 30 persen dari jumlah pendapatan retribusi yang masuk ke daerah,”ungkapnya.

Lanjutnya, kedepan dengan adanya jalan ini (Jalan tol Kendari-Toronipa), kawasan ini akan kita jadikan bukan lagi obyek kawasan wisata Kabupaten, tapi dia merupakan kawasan obyek wisata nasional, itu kita berpikir kesana, supaya pendapatannya lebih besar.

  • Bagikan