Dapat Laporan Warga Soal Tidak Adanya Bidan Desa dan Perawat di Pulau Saponda, Pj Bupati Konawe Instruksikan ini Kepada Kadis Kesehatan dan Kapus Soropia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Setelah melakukan kunjungan kerja ke Desa Saponda yang berada pada Pulau Saponda, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe dengan mengunakan kapal cepat dan mendengar langsung keluhan warga terutama terkait pelayanan kesehatan yang belum maksimal.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE.,MM langsung menyiapkan berbagai kebijakan atau instruksi agar pelayanan kesehatan di pulau terluar dari Kabupaten Konawe ini dapat terpenuhi dan terlayani dengan baik.

Adapun kebijakan-kebijakan atau instruksi Pj Bupati Konawe ini mulai dari pengadaan Puskesmas Kapal Keliling, Ambulance Laut, pengadaan pelampung bagi tenaga kesehatan, penempatan Bidan Desa dan Perawat berpengalaman di Saponda, Peningkatan Pondok Bersalin Desa (Polindes) menjadi Puskesmas Pembantu (Pustu) di Pulau Saponda.

Kebijakan ini merupakan hasil dari mendengar aspirasi warga, termasuk aspirasi dari tenaga kesehatan melalui Kepala Puskesmas (Kapus) Soropia.

Hal ini diungkapkan oleh Pj. Bupati Konawe saat berada dalam pertemuan dengan masyarakat di Balai Desa Sawapudo, usai ia berkunjung di Desa Saponda di Pulau Saponda, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Rabu (6/12).

“Anggarkan itu, kalau ada pelampung dengan total harga Rp. 6 juta, masa tidak bisa beli? catat, ya. Yang begini harus di respon, ya. Saya kira kita prihatin dengan itu, kita tidak mau terjadi lagi, ada bidan kita perahunya terapung-apung di atas laut berjam-jam.
Dan memang ini, kita sudah lagi pendiskusian kita bersama, apalagi kita ini khususnya Soropia sudah perlu ada Puskesmas Kapal Keliling untuk di Pulau-pulau,”ungkapnya.

  • Bagikan