Buka Seluas-Luas Investasi Australia di Provinsi Sultra, Pj Gubernur: Sultra Punya 6 Potensi Unggulan dan 17 Kabupaten/Kota

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto didampingi para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerima audiensi Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Todd Dias beserta rombongan. Audensi ini bertempat di Ruang Rapat Gubernur Sultra, Selasa (27/2).

Audiensi diselenggarakan dalam rangka silaturahim dan membangun kerjasama antara Konsulat Jenderal Australia dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Awali kegiatan, Pj Gubernur Sultra memberikan ucapan selamat datang kepada Konsulat Jenderal Australia Todd Dias, selanjutnya menyampaikan gambaran mengenai kondisi Provinsi Sultra.

“Welcome to Pemprov Sultra His Exelency Todd Dias, Mr. Alex Stephens, and Ms. Cindy. Sulawesi Tenggara ini memiliki 17 Kabupaten/Kota dengan 6 sektor potensi unggulannya yakni pertambangan, pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan, serta pariwisata,” ujarnya.

Ia menambahka, Pada tahun 2024 ini kami telah melakukan 3 kali ekspor berbagai komoditas masing-masing kakao fermentasi, biji pinang, serta terakhir tuna dan kepiting ke Amerika Serikat dan Filipina.

Pj Gubernur Sultra juga mengungkapkan potensi pariwisata yang ada di Sultra seperti taman nasional dan biota laut Wakatobi, Pantai Toronipa, Pulau Labengki, Pulau Bokori, Benteng Keraton Buton, dan lain sebagainya.

“Dari sektor pariwisata ini, Sultra berhasil meraih Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia tahun 2023 oleh Kemenkomarves RI. Jadi dapat dikatakan sektor pariwisata kami telah diakui oleh turis lokal maupun mancanegara,” ungkapnya.

  • Bagikan