Pj Gubernur Sultra, ABR Hadiri Rakorgub Seluruh Indonesia Bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Bahas Solusi Pembangunan Infrastuktur di Daerah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto (ABR) menghadiri secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan Gubernur seluruh Indonesia (Rakorgub) bertempat di Ritz Carlton Hotel Jakarta, Selasa (2/4).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas ini, menekankan pada kemajuan dan tantangan pembangunan daerah serta solusi strategis pembangunan dalam koridor penuntasan masalah mendasar seperti kemiskinan, stunting, pelayanan, serta infrastruktur dasar.

“Rarkorgub hari ini merupakan suatu momentum bagi para Gubernur atau Pj Gubernur untuk bertukar pikiran dan memberikan saran kepada Pemerintah Pusat terkait isu dan permasalahan di daerahnya,” kata Menteri PPN/Ka Bappenas Suharso Monoarfa saat berikan arahan pembuka.

Menteri PPN mengungkapkan, bahwa dari 2 tahun pertemuan dengan para Kepala Daerah, terdapat 2 hal yang menjadi permasalahan dasar yakni pembangunan infrastruktur keras atau hard infrastructure dan infrastruktur halus atau soft infrastrukcture.

“Infrastruktur keras yakni pelayanan dasar meliputi pembangunan jalan dan pengadaan air bersih. Adapun realisasi pembangunan jalan Nasional telah 100%, jalan Provinsi 75%, dan jalan Kabupaten/Kota sebesar 65%,” ungkapnya.

“Kami juga telah terbitkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang jalan, dari Inpres tersebut dianggarkan 32 triliun rupiah pada tahun 2023 yang realisasi anggarannya akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024. Kami juga akan terbitkan Inpres tentang air untuk pengadaan sumber pengolahan air bersih, lalu Inpres tentang gas kota yang masih dalam tahap pembahasan,” tambahnya.

  • Bagikan