5 Desa Terendam Banjir, Jalan Trans Sulawesi Putus, Basarnas Kendari Kirim Tim Rescue ke Konawe Utara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE UTARA – Sehubungan dengan tingginya intensitas hujan di wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang banjir dan mengakibatkan Jalan Trans Sulawesi di Kecamatan Langkikima terputus.

“Merespon situasi ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kendari memberangkatkan Tim Rescue Pos SAR Konut dengan menggunakan Truck Personil dan perahu karet untuk melakukan pemantauan di daerah yang terdampak banjir,”ungkap Kepala KPP Kendari, Muhammad Arafah kepada FAJAR.CO.ID, Kamis (9/5).

Lanjutnya, tim Rescue tiba di lokasi dan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konut.

“Adapun daerah yang terdampak banjir di Kabupaten Konawe Utara sebanyak 5 Desa dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdampak sebanyak 329 KK,”jelasnya.

Sambungnya dengan rincian, Desa Puwanggudu 142 KK, Desa Alawanggudu 81 KK, Desa Wanggudu Raya 16 KK, Desa Walalindu 80 KK dan Desa langeo 10 KK.

“Situasi Banjir terpantau masih aman, dan belum ada permintaan evakuasi,”ucapnya.

Kata Arafah, adapun Alat Utama (Alut) dan Peralatan SAR (Palsar) yang digunakan yakni Truck Personil Posa SAR Konawe Utara 1 Unit, Rescue Car 1 Unit Rubber Boat 1 Unit, Palsar Evakuasi 1 Set, Palsar Medis 1 Set, Pasar Hart 1 Set dan Palsar Jungle 1 Set

“Data cuaca, berdasarkan Prakiraan Cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yakni hujan ringan hingga hujan sedang,”pungkasnya.(IMR/FNN).

  • Bagikan