Bantu Kelancaran Arus Mudik, Dinas Bina Marga Sultra Bentuk Tim Reaksi Cepat

  • Bagikan
Ilustrasi kemacetan arus mudik

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Dalam rangka membantu kelancaran arus mudik di beberapa titik jalan Provinsi yang menghubungkan lintas kabupaten, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Provinsi Sultra bergerak cepat dengan melakukan antisipasi dini.

Antisipasi itu ditandai dengan pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan standby di beberapa ruas jalan yang dapat menghambat arus lalulintas pemudik.

Hal itu disampaikan kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Provinsi Sultra, Ir. Burhanuddin kepada Kendari Pos kemarin, (28/04)

“Ada tim reaksi cepat yang dipersiapkan di semua titik jalan yang rusak untuk melakukan antisipasi. Jadi kita menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya dan peralatannya, untuk melakukan kegiatan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya tiba-tiba terjadi banjir yang memutuskan akses jalan, tapi ini khusus jalan yang menjadi kewenangan provinsi,” ungkap Burhanuddin.

Mantan Pj Bupati Konkep ini menjelaskan, pada Intinya semua jalan provinsi yang dilalui oleh para pemudik menjadi titik perhatian serius bagi Pemprov.

“Kita pantau dan monitor terus, kalau ada hal seperti itu kita langsung lakukan perbaikan. Jadi tim ini bekerja yang sifatnya insidentil. mana kala akses tidak bisa digunakan, maka sudah ada TRC yang akan tangani guna memperlancar arus mudik itu,”jelasnya.

Ditambakan, sejauh ini belum ada laporan terkait kendala signifikan dari tim TRC yang telah dipersiapkan kewal arus mudik lebaran.

“Kalau ada maka semua bergerak melakukan penanggulangan, supaya tidak terjadi kendala dan hambatan bagi si pemudik,” tambahnya.(kendaripos/fajar)

  • Bagikan