PT JCI Ekspor 12 Ton Rajungan Kaleng Langsung ke Amerika Serikat, Bea Cukai Kendari: Ini Peran Tim Klinik Ekspor

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – PT. Jala Crabindo Internasional (JCI) melakukan ekspor langsung (Direct export) perdana Chilled Pasteurized Crabmeat (Rajungan Kaleng) dari Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Indonesia menuju Amerika Serikat (AS), pada hari Senin (13/6).

Ekspor kali ini tidak melalui Kota lain lagi tetapi langsung dari Kota Kendari menuju Amerika Serikat. PT. JCI dalam kesempatan kali ini mengekspor sebanyak 12 ton yang akan diekspor hari ini, keseluruhannya total 112 ton yang terbagi menjadi 7 kontainer dengan berat masing masing 16 ton.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran aktif Bea Cukai Kendari bersama dengan Instansi teknis terkait yaitu Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Bank Indonesia (BI), Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), Pemerintah Daerah Sultra, dan instansi lainnya yang tergabung dalam Tim Klinik Ekspor dalam memberikan asistensi kepada para pelaku usaha yang memiliki potensi ekspor.

Kepala Kantor Bea Cukai Kendari, Purwatmo Hadi Waluja dalam sambutan pada acara pelepasan Ekspor perdana PT. CPI tersebut menyampaikan harapan agar ekspor ini dapat terus berlanjut, dan semakin meningkat.

“Dan kedepannya semoga ekspor dari Sultra dapat difasilitasi dengan ketersediaan kapal liner dan container ekspor di Sultra,”ujarnya kepada fajar.co.id, Rabu (15/6).

Sementara itu Plant Manager PT. JCI, Khumaidi mengatakan jadi untuk kontainer dan dokumen itu semua dari Kendari.

  • Bagikan

Exit mobile version