Dukung Pengembangan Ekspor Produk Sultra ke Pasar Internasional, LPEI berkunjung ke Bea Cukai Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Bea Cukai Kendari menerima kunjungan kerja Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Indonesia Eximbank di Kantor Bea Cukai Kendari, pada Senin,(15/5) lalu.

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia melaksanakan koordinasi mengenai pengembangan Ekspor produk-produk dari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menjajaki pasar Internasional.

Turut dihadiri oleh salah satu pelaku usaha binaan Klinik Ekspor Bea Cukai Kendari yaitu PT. Citra Alam Sulawesi yang bergerak di bidang produk Kopra. Selain itu turut hadir pula Agen Pelayaran penyedia container ekspor (Sinokor).

Adapun rencana dari LPEI melakukan survei untuk pencanangan desa devisa kopi dan kakao di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Maka dari itu perlu dilakukan koordinasi dengan Bea Cukai Kendari sebagai instansi pemerintah yang memiliki kewenangan di bidang ekspor dan impor.

Perlunya dukungan penuh dari Bea Cukai untuk bisa mendampingi LPEI dan mengasistensi pelaku usaha untuk bisa memasarkan produknya ke luar negeri.

Bea Cukai Kendari turut mengundang Agen Pelayaran penyedia container Ekspor (Sinokor) dan salah satu pelaku usaha, untuk memberikan gambaran rantai logistic di Sultra kepada LPEI.

Dengan adanya gambaran awal bagaimana rantai logistik yang ada di Sultra, harapannya LPEI dapat menentukan langkah dan strategi untuk pencanangan desa devisa kedepannya.

Perwakilan PT. Citra Alam Sulawesi, Slamet Budiargo, sangat mengharapkan adanya bimbingan dan bantuan dari pemerintah bagi Pengusaha UMKM untuk bisa melakukan ekspor dan impor dengan mudah.

  • Bagikan