Bulog Sultra Pastikan Ketersediaan Stok Beras Aman hingga Desember 2023

  • Bagikan
Kepala Perum Bulog Kanwil Sultra Siti Mardati Saing. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

“Sudah aman itu sampai Desember 2023 kalau 17.717 ton itu,” sebutnya.

Dia menuturkan bahwa hasil dari panen raya September-Oktober 2023 tersebut juga untuk mengisi stok pada awal tahun 2024 mendatang. Pihaknya juga akan menyerap sebanyak-banyaknya beras untuk periode Januari-Maret 2024.

“Untuk mengantisipasi lagi sebelum panen di Januari-Maret 2024, makanya kita mau pengadaan, makanya nanti kalau pengadaan dan kalau cocok harganya kita akan serap sebanyak-banyaknya,” tambah Siti.

Kepala Perum Bulog Kanwil Sultra itu juga menyampaikan bahwa dalam sistem manajemen Bulog, pihaknya hanya akan membeli beras cadangan pemerintah sesuai dengan harga pembelian pemerintah atau HPP.

“Sekarang di harganya sebesar Rp9.950, namun karena harganya itu tidak sesuai, sehingga Bulog tidak maksimal menyerap beras dari petani lokal, untuk memenuhi kebutuhan secara manajemen Bulog, kita bisa meminta move in (pemindahan stok) dari daerah luar,” ucapnya.

Ia juga membeberkan bahwa saat ini stok beras yang berada di gudang Bulog Sultra sebanyak 17.717 ton. Jumlah tersebut diyakini mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Bumi Anoa.

“Jadi secara stok untuk cadangan beras pemerintah di Sulawesi Tenggara aman,” lanjutnya.(*)

  • Bagikan