Tenunan Khas Sultra Bakal Tampil di Ajang Indonesia Fashion Week 2024 di Jakarta Convention Center

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tenunan khas daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali ditampilkan dalam ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pembukaan kegiatan ini telah dilakukan pada hari Rabu, 27 Maret 2024, yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sultra akan berpartisipasi dalam dua event di ajang IFW, yakni pameran yakni tanggal 27 – 31 Maret dan fashion show pada tanggal 29 Maret. Penampilan Sultra dikoordinir langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio dengan mengikutsertakan sejumlah Dekranasda Kabupaten/Kota.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dijadwalkan hadir untuk menyaksikan langsung pagelaran fashion show yang menampilkan tenunan Sultra pada hari Jumat, 29 Maret 2024.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra Belli mengatakan, Sultra telah berpartisipasi dalam ajang IFW sejak tahun 2017 silam, dengan stakeholder utama Dekranasda. Ajang ini merupakan promosi strategis bagi produk kreatif unggulan Sultra, yakni tenunan khas daerah.

“IFW merupakan wadah untuk mempromosikan kerajinan motif wastra/kain khas Sultra. Dari sini diharapkan memunculkan berbagai busana berbahan tenunan Sultra yang spektakuler dan melahirkan perancang-perancang lokal Sultra yang mampu berkiprah di ajang nasional maupun internasional,” jelas Belli dalam rilisnya, Kamis, 28 Maret 2024.

Dijelaskan, fashion Sultra berkolaborasi Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Pusat, desainer nasional dan desainer lokal yang tergabung dalam APPMI Sultra.

  • Bagikan