KKLT Gelar FGD, Silahturahmi dan Buka Puasa Bersama PT Vale, Wabup Lutim Sebut Kontribusi Besar PT Vale Dalam Pengembangan SDM

  • Bagikan

Menurut dia, salah satu perusahaan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni PT. Vale memberi kontribusi nyata untuk pemerintah daerah, membangun sinergi untuk pemberdayaan masyarakat, dan memberi kontribusi untuk Kabupaten Lutim dalam mengembangkan SDM.

“PT. Vale membangun sistem pelatihan vokasi untuk masyarakat Lutim, mengembangkan skill-skill mereka untuk industri tambang. Banyak kegiatan untuk pengembangan potensi sumber daya manusia, pelatihan sekaligus dibantu pengadaan alat-alatnya. Kita selalu kolaborasi dengan PT. Vale,” jelasnya.

Dalam acara buka bersama itu, Director External Relation PT. Vale Indonesia, Endra Kusuma yang hadir mewakili perusahaan, menegaskan komitmen PT. Vale untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemda Lutim serta seluruh pemangku kepentingan.

“PT. Vale akan terus berkolaborasi demi pengembangan SDM di Lutim sesuai dengan mekanisme dan tata kelola perusahaan. Pengembangan SDM sangat penting baik dari aspek keahlian atau kompetensi (hard skill) dan karakter (soft skill),” terang Endra Kusuma.

Menurut dia, perlu dilakukan pemetaan (mapping) antara kebutuhan industri dengan rencana pengembangan SDM sehingga selaras (matching) antara kebutuhan industri dan keahlian tenaga kerja yang akan dikembangkan dan dihasilkan, serta perlu juga dibuatkan peta jalan (road map) bersama sehingga dapat ditentukan target dan langkah-langkah yang perlu dilakukan masing-masing pemangku kepentingan.

Endra juga menyampaikan terkait perlunya support berbagai pihak terutama pemerintah dan masyarakat untuk mendukung iklim investasi. Investasi yang didukung oleh pemerintah dan masyarakat, akan membuka lapangan kerja yang optimal.

  • Bagikan