Sambut Bulan Suci Ramadhan, DPMPSTP Sultra Gelar Festival UMKM Mulai Hari Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PSTP) gelar Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan dilaksanakan di pelataran MTQ Squar dan akan berlangsung mulai tanggal 4 April hingga 28 April 2022.

Kegiatan pembukaan festival UMKM ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, Kadis DPMPTSP Sultra Parinringi, Unsur Forkompimda,Perwakilan Kadin Sultra Jaffray Bittikaka, Ketua Hipmi Sultra Alvian Taufan Putra , Perwakilan KNPI Sultra, dan Duta UMKM Sultra Sasmita Sugiardi.

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya saat pembukaan festival UMKM ini mengatakan bahwa kegiatan festival UMKM ini merupakan salah satu wujud upaya kongkrit yang dilakukan pemerintah Provinsi Sultra untuk mendorong penciptaan dan pengembangan ekonomi baru, serta terwujudnya kerjasama kemitraan antara pengusaha besar, dalam hal ini Penanaman Modal Asing (PMA) atau Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan UMKM.

“Munculnya kegiatan ekonomi baru ini diharapkan dapat memberi nilai tambah yang pada gilirannya dapat “naik kelas” meskipun demikian, kita juga menyadari bahwa UMKM masih menghadapi tantangan yang tidak ringan seperti keterbatasan permodalan, akses pasar, dan masih terbatasnya keterampilan sumber daya manusia,” ujarnya.

Sambungnya, dan di era perdagangan bebas saat ini, UMKM juga harus bersaing dengan produk asing yang telah membanjiri Indonesia.

“Kondisi ini perlu menjadi perhatian bersama dan dicarikan solusinya. Diperlukan terobosan dan ide kreatif yang dapat meningkatkan daya saing sehingga UMKM dapat menjadi tuan rumah di daerah sendiri, dan bahkan dapat didorong untuk bersaing secara nasional dan di luar negeri,” bebernya.

  • Bagikan