Masuk 10 Terbaik Nasional, Maluku Utara Belajar Kelola Tambang di Sultra

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Memiliki sejumlah kesamaan dari segi potensi tambang dan karakteristik daerah kepulauan, terlebih masuk dalam 10 besar terbaik nasional dalam pengelolaan pertambangan, maka Provinsi Maluku Utara (Malut) memilih Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai tempat belajar yang tepat.

Hal ini diungkapkan Sekda Pemprov Maluku Utara, Drs Samsuddin A. Kadir, Senin (11/4), usai acara penyambutan kedatangan bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Maluku Utara oleh Plh Sekda Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD bersama para pimpinan OPD lingkup Pemprov Sultra, bertempat di Kantor Gubernur Sultra.

Dalam kesempatan itu, Samsuddin mengungkapkan, kedatangan tim dari Pemprov Maluku Utara merupakan perintah langsung dari Gubernur Maluku Utara, karena sangat tertarik dengan keberhasilan Pemprov Sultra dalam melakukan pengelolaan pertambangan.

“Kami ke sini untuk melakukan studi banding sehingga bisa berbicara dan mendengarkan secara langsung bagaimana proses pengelolaan pertambangan mulai dari pendirian hingga sampai menjadi Kerjasama Operasional (KSO). Semoga nanti bisa menjadi oleh-oleh bagi kami untuk dijadikan ide dan ilmu baru untuk diterapkan di daerah kami,”ucapnya.

Dia mengakui, selain karena berbatasan wilayah, memiliki karakteristis daerah kepulauan dan potensi pertambangan yang sama, Provinsi Sultra juga masuk 10 daerah terbaik secara nasional dalam pengelolaan pertambangan. Hal itu juga disampaikan langsung oleh Presiden RI saat menjawab pertanyaan Gubernur Maluku Utara saat menghadiri acara nasional bersama di Balikpapan.

  • Bagikan