Kemenag Beberkan Fasilitas yang Didapatkan Jamaah Haji Tahun Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) terus mempersiapkan layanan bagi jamaah haji yang berangkat tahun ini. Para jamaah nantinya akan mendapat layanan dari mulai keberangkatan di Indonesia, sampai dengan di Arab Saudi.

Dirjen PHU Hilman Latief mengatakan, untuk layanan di dalam negeri, layanan yang diterima jamaah mulai dari pemberkasan, hingga layanan keberangkatan dan kepulangan di asrama haji.

’’Daftar nama 92.825 jamaah haji reguler yang berhak berangkat tahun ini sudah ada. Saya sudah terbitkan Surat Keputusan dan sejak kemarin sudah diumumkan dan didistribusikan ke Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia,” kata Hilman kepada wartawan, Senin (9/5). ’’Selanjutnya, jamaah yang telah ditetapkan berhak berangkat, bisa segera melakukan konfirmasi keberangkatan ke bank tempat jamaah mendaftar,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab menambahkan, pihaknya saat ini tengah memfinalisasi proses kontrak kerja sama dengan maskapai yang akan memberangkatkan dan memulangkan jamaah haji. Ada dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

’’Proses koordinasi intensif dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, dan Pemerintah Daerah juga terus dilakukan dalam proses persiapan penyelenggaraan haji tahun ini,” ucap Mujab.

Terkait penyiapan layanan asrama haji, Kemenag sudah melakukan proses sterilisasi. Nantinya, ada sejumlah layanan yang disiapkan untuk jamaah, antara lain fasilitas penginapan selama 1 x 24 jam, pemeriksaan akhir kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, pemberian living cost (uang saku), serta pemantapan manasik haji.

  • Bagikan