Pengamat Sebut Erwin Aksa Cocok Gantikan Zainudin Amali Sebagai Menpora

  • Bagikan
Erwin Aksa, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis

Selain itu Erwin juga pernah menjadi Ketua Pertina Sulsel. Juga pernah menjadi pengurus Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia).

Ketiga, Erwin berlatar pengusaha sukses yang berhasil meneruskan prestasi ayahnya, Aksa Mahmud di berbagai unit usaha di Bosowa Corporation.

Erwin juga dikenal sebagai organisatoris handal yang bertangan dingin. Ia pernah menjadi Ketua Umum BPP HIPMI periode 2008-2011 dan pernah menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Konstruksi dan Infrastuktur periode 2015-2020.

Keempat, Erwin Aksa adalah politisi yang memiliki insting tajam yang mampu memahami anatomi relasi kuasa di level nasional.

“Ia bahkan berani ‘mengahadapi’ Anies Baswedan saat mengungkap isu pinjam meminjam dana kampanye di pilgub DKI,” kata Sawedi.

Menurutnya keberanian ini adalah interpretasi Erwin Aksa terhadap keinginan istana.

Erwin paham betul bahwa relasi Anies dengan episentrum kekuasaan tidak sedang baik-baik saja dan ia berani tampil sebagai the power broker yang mampu menyita perhatian istana.

“Keberanian ini adalah modal besar bagi Erwin yang bisa menghantarkannya lebih dekat dengan Presiden Jokowi,” ungkapnya.

Erwin Aksa belum memberikan tanggapan apapun saat dikonfirmasi fajar.co.id terkait namanya mencuat sebagai calon potensial menggantikan Zainudin Amali di posisi Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Sementara itu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan sepenuhnya keputusan pengganti Zainudin Amali kepada Presiden.

“Jadi tergantung dari Bapak Presiden, karena itu kan hak prerogatif Presiden,” kata Airlangga di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

  • Bagikan