Pengamat Sebut Erwin Aksa Cocok Gantikan Zainudin Amali Sebagai Menpora

  • Bagikan
Erwin Aksa, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyatakan Zainudin Amali secara informal telah mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Meski begitu belum ada kepastian tentang siapa penggantinya di kabinet pemerintahan.

Zainudin Amali menginginkan mundur dari jabatannya untuk fokus sebagai wakil ketua umum PSSI mengurus sepak bola.

Siapa calon Menpora yang cocok menggantikan Amali? Perlu diketahui, jabatan menteri adalah hasil kesepakatan politik, tak terkecuali jabatan Menpora adalah ‘jatah’ Golkar.

Karena Zainudin Amali berasal dari Golkar, maka besar kemungkinan Menpora berikutnya adalah kader Golkar.

Meski demikian pergantian menteri adalah hak prerogatif presiden. Namun presiden pasti mempertimbangkan secara matang di setiap reshuffle kabinet.

“Sekiranya Menpora Zainuddin Amali benar-benar diganti, maka salah satu figur yang sangat berpeluang menggantikan Amali adalah Erwin Aksa,” tutur Sosiolog Universitas Hasanuddin (Unhas) Sawedi Muhammad kepada fajar.co.id, Rabu (22/2/2023).

Ya, Erwin Aksa merupakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis.

Sawedi menilai sosok Erwin Aksa merepresentasi banyak unsur sekaligus memiliki makna simbolik maupun politis di posisi Menpora.

Pertama, Erwin Aksa pengusaha kelahiran Ujungpandang, 7 Desember 1975 itu saat ini adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, posisi yang menjadi think tank Partai Golkar.

Kedua, Erwin memiliki jejak rekam yang panjang di dunia keolahragaan.

Di usianya yang sangat muda, pernah menjadi Manajer PSM Makassar dengan torehan berbagai prestasi gemilang.

  • Bagikan