Biro Rena Polda Sultra Luncurkan Inovasi Perencanaan Anggaran Berbasis Risiko, Karorena: Ini Untuk Memastikan Pengunaan Anggaran Yang Lebih Efisien dan Efektif

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Biro Perencanaan dan Anggaran (Ro Rena) di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan inovasi terbaru dalam penyusunan perencanaan anggaran dengan pendekatan berbasis risiko. Langkah ini bertujuan untuk memastikan penggunaan anggaran yang lebih efisien dan efektif dalam menjalankan tugas kepolisian.

Penyusunan perencanaan anggaran berbasis risiko merupakan inovasi di bidang anggaran Polri yang digagas Karorena Polda Sultra, dimana inovasi ini belum ada regulasi yang mengatur sebelumnya.

Dalam upaya untuk mengantisipasi risiko-risiko yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan tugas kepolisian, Biro Rena Polda Sultra telah mengadakan sosialisasi kepada personel Polri di Polda Jawa Timur (Jatim) pada 26 Juni 2023, serta Polda Sultra, Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Gorontalo melalui media zoom pada 4 Juli 2023 mengenai pentingnya perencanaan anggaran berbasis risiko.

Sosialisasi ini melibatkan pengenalan konsep penyusunan kebutuhan anggaran, penyusunan pagu indikatif, penyusunan pagu anggaran dan penyusunan alokasi anggaran. Tidak hanya itu, dalam penyusunan anggaran berbasis risiko beberapa hal juga harus ditekankan yakni identifikasi risiko, penilaian risiko, pengambilan keputusan berdasarkan analisis risiko, serta pemantauan dan evaluasi berkala.

“Dengan adopsi perencanaan anggaran berbasis risiko, kami berharap dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya yang tersedia untuk mengurangi kemungkinan terjadinya risiko,” kata Kepala Biro Rena Polda Sultra, Kombes Pol Dra. Yulia Agustin Selfa Triana, M.M, Rabu (5/7).

  • Bagikan