4 Usaha Laundry dan Cara Memulainya

  • Bagikan

Laundry kiloan termasuk usaha kecil menengah dan hanya membutuhkan modal sedikit. Modal tersebut digunakan untuk membeli dua sampai tiga mesin cuci agar proses mencuci bisa cepat selesai.

Keuntungan laundry kiloan berasal dari tarif mencuci dan menyetrika kemudian dijumlah berapa kilo pakaian yang diberikan oleh pelanggan. Anda perlu menetapkan berapa biaya laundry per kilonya sehingga pelanggan bisa tahu biaya yang akan dikeluarkan.

Laundry kiloan adalah bisnis yang sangat dibutuhkan oleh pekerja dan mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian.

  1. Laundry Industri

Ada lagi laundry industri yang merupakan bisnis laundry dalam skala besar. Pelanggan laundry industri dari pemilik hotel, rumah sakit, dan industri yang sering melakukan laundry dalam jumlah besar.

Memang terkadang beberapa industri bisnis tersebut memiliki divisi khusus untuk laundry pakaian, namun ada juga yang tidak. Pebisnis tersebut terkadang mengandalkan laundry dari luar untuk mengurusnya.

  1. Laundry Retail

Terakhir adalah usaha laundry retail yang khusus untuk membersihkan pakaian. Maksudnya adalah Anda perlu memahami bagaimana cara membersihkan pakaian dengan teknik khusus.

Laundry retail lebih besar daripada laundry kiloan dan memberikan layanan bernama dry cleaning. Apabila ada noda pada pakaian yang akan dicuci dan sulit dibersihkan, biasanya pelanggan akan mencari laundry retail.

Tentu saja Anda perlu menyiapkan banyak perlengkapan khusus untuk membersihkan pakaian mengingat ada banyak alasan mengapa pakaian tersebut kotor. Jika bisnis sudah berkembang, Anda bisa membuka cabang di beberapa kota lain bahkan dalam bentuk franchise.

  • Bagikan