4 Usaha Laundry dan Cara Memulainya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Membuka usaha laundry bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan mengingat kesibukan orang zaman sekarang. Khususnya masyarakat pekerja dan anak kuliahan yang tidak sempat mencuci baju sendiri.

Kegiatan mencuci bukan hal yang mudah dilakukan karena setelah mencuci masih perlu mengeringkan dan menyetrika pakaian. Hal itu bisa memakan banyak waktu bagi orang yang selalu sibuk dengan rutinitas harian.

Jenis Usaha Laundry

Ada berbagai pilihan bisnis laundry yang bisa Anda jalankan dan jenis-jenis ini tergantung dari berapa besaran modal yang Anda butuhkan, mulai dari bisnis kecil sampai besar. Berikut ini penjelasan mengenai jenis bisnis laundry yang cocok untuk Anda.

  1. Laundry Koin

Kalau ingin memulai usaha laundry koin, Anda perlu menyiapkan banyak mesin cuci sehingga modalnya cukup besar. Keuntungan mengelola laundry koin adalah Anda bisa menjual berbagai perlengkapan laundry.

Perlengkapan tersebut terdiri dari pewangi pakaian, kantong laundry, deterjen, dan sebagainya. Adapun konsep laundry koin adalah self service yaitu pelanggan dapat mencuci pakaiannya sendiri dengan mesin cuci yang sudah Anda sediakan.

Caranya adalah dengan memasukkan koin pada mesin cuci tersebut agar mesin cuci bisa berjalan. Anda juga tidak perlu mempekerjakan banyak orang sehingga keuntungan yang didapat bisa masuk ke kantong sendiri.

Anda hanya perlu menyiapkan jasa servis untuk mengurus mesin cuci kalau mengalami kerusakan. Jasa servis juga dibutuhkan saat Anda akan melakukan perawatan mesin cuci rutin.

  1. Laundry Kiloan

Jenis usaha laundry berikutnya selain laundry koin adalah laundry kiloan yang sering ditemukan di pinggir jalan. Usaha laundry kiloan tidak membutuhkan banyak modal dan Anda bisa menjalankan bisnis di rumah.

  • Bagikan