Perjalanan Domestik ke Sultra Tembus Angka 9 Juta Kunjungan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli mengatakan, capaian ini tidak terlepas dari kerja keras semua pemangku kepentingan kepariwisataan yang ada di Sultra, mulai dari pemerintah, industri pariwisata seperti UMKM, komunitas seni budaya, pelaku ekonomi kreatif, dan lain sebagainya.

“Kita masih punya waktu sekitar satu bulan lebih untuk terus meningkatkan pergerakan wisnus kita, baik itu di dalam provinsi sendiri maupun dari luar provinsi. Kita optimistis, hingga akhir tahun ini, perjalanan wisnus kita bisa tembus hingga 10 juta perjalanan,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dipaparkan Direktur Pemasaran Nusantara Kemenparekraf, postur pergerakan wisnus Sultra didominasi oleh perjalanan wisnus dari luar provinsi, yakni 5,66 juta perjalanan.
Adapun perjalanan dalam provinsi sebanyak 3,57 juta perjalanan.

Hal ini menunjukkan lebih banyak orang dari luar provinsi yang berkunjung ke Sultra ketimbang orang Sultra yang melakukan perjalanan di dalam daerah.

“Itu artinya, Sultra saat ini dilirik orang. Tentu saja, kita harus tetap bekerja keras membangun citra pariwisata kita, memperbaiki infrastruktur, menciptakan event-event yang menarik, serta menguatkan UMKM dan pelaku industri kreatif kita. Ini tidak boleh dilakukan sendiri-sendiri,” kata Belli.

Dia menambahkan, Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia yang dicanangkan pemerintah pusat, secara lokal telah diterjemahkan dengan berwisata yang dekat-dekat saja, berwisata di Sultra saja. (*)

  • Bagikan