Rakor Inflasi Daerah 2024, BPS: Penyebab Utama Inflasi Bulan Ke Bulan Adalah Komoditas Cabai Merah, Bawang Merah, Tomat, Beras, Telur Ayam Ras dan Cabai Rawit

  • Bagikan

Berdasarkan data BPS Sultra bahwa inflasi Desember (M to M) 2023 , inflasi Sultra dipantau oleh dua kota yakni Kota Kendari 0,31 persen dan Kota Baubau 1,01 persen.

Perkembangan inflasi tahun ke tahun year on year (YoY), pada bulan Desember 2023 secara nasional 2,61 persen, mengalami trend penurunan inflasi Sultra diangka 2,58 persen.

Lebih lanjut disampaikan, ada 5 komoditas dengan andil inflasi tahun ke tahun dipantau oleh gabungan 2 kota yakni beras, angkutan udara, cabai rawit, rokok kretek filter dan mobil.

Adapun 4 hal penting dalam inflasi yakni Pertama keterjangkauan harga, Kedua ketersediaan pasokan, Ketiga kelancaran distribusi dan Keempat komunikasi efektif.

Selanjutnya, Pj. Gubernur Sultra menyampaikan kesimpulan bahwa berbagai hal yang disampaikan narasumber dalam Rakor Inflasi dapat menjadi acuan kita untuk bekerja, Bapak Mendagri menyampaikan jangan perna bosan kita untuk selalu mengerjakan hal-hal seperti ini, dan setiap minggu apa langkah-langkah kita terhadap inflasi.(IMR/FNN).

  • Bagikan