Dinas Perikanan Pimpin Pembersihan Bangkai Kapal Nelayan di Teluk Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Dinas Perikanan Kota Kendari bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melakukan pembersihan bangkai kapal di Kawasan Teluk Kendari Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Jumat (19/1).

OPD yang terlibat dalam kegiatan ini, yakni dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kendari, Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Kendari , Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kendari dan Dinas Perhubungan Kota Kendari serta pihak Pemerintah Kecamatan Kendari Barat, bergotong royong membongkar bangkai kapal nelayan yang rusak.

Awalnya proses pembongkaran bangkai kapal dilakukan secara manual menggunakan palu dan linggis oleh sejumlah karyawan Dinas Perikanan, namun hasilnya sangat minimal sebab bahan pembuat kapal dari kayu tidak yang bisa dibongkar. Mengingat kayu kapal tersebut sangat keras.

Usaha selanjutnya dilakukan Satpol PP menggunakan mesin chainsaw, upaya ini cukup membuahkan hasil karena bisa memotong beberapa bagian bangkai kapal dan berhasil diangkut ke darat, namun sejumlah personel Sat Pol PP harus basah, karena menceburkan diri ke laut.

Hampir satu jam bekerja, sisa bagian bangkai kapal masih belum bisa terangkut ke darat dan petugas chainsaw kecapean bekerja karena ruang gerak yang terbatas.

Dengan melibatkan ratusan personel. Mereka juga mencoba menarik bangkai kapal secara manual menggunakan tambang agar kapal bisa ketepian untuk dilakukan pembongkaran. Namun hal itu hanya menggeser sedikit bangkai kapal.

  • Bagikan