Pemerintah Pusat Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah ke Masyarakat Baubau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Memperingati HUT Kota Baubau ke-20, banyak hadiah yang didapatkan oleh Pemkot. Antara lain mendapatkan sertifikat tanah dari Pemerintah Pusat sebanyak 1.800 bidang. Sertifikat itu diserahkan secara simbolis usai memperingati HUT Kota Baubau.

Untuk Pemkot Baubau, mendapat 22 sertifikat dan 1.800 kepada masyarakat. Namun saat ini baru total 1.000 sertifikat yang siap diserahkan.

“Sertifikat Hak Pakai milik Pemkot sebanyak 22 bidang dan sertifikat PTSL Labalawa dan Kadolokatapi itu targetnya 1.800 tapi total yang sudah bisa kita serahkan totalnya semua sudah bisa 1.000 bidang dan baru diserahkan secara simbolis masing-masing satu orang tiap kelurahan,” ungkap kepala BPN Baubau, Asmanto Mesman kepada media ini, Minggu (17/10/2021).

Asmanto mengungkapkan di Kota Baubau hanya dua kelurahan yang mendapatkan sertifikat tersebut. Kelurahan Kadolokatapi sebanyak 464 bidang dan Kelurahan Labalawa sebanyak 600 bidang.

“Dari dua kelurahan ini, Kelurahan Labawala mendapatkan 464 bidang, Kelurahan Kadolokatapi itu kurang lebih 600 bidang sudah disiapkan, dan setelah acara HUT Kota ini kita akan ke kelurahan untuk menyerahkan seluruhnya,” jelasnya.

Ia menjelaskan sertifikat ini merupakan bantuan gratis dari pemerintah pusat. Namun jika dikenakan biaya kemungkinan merupakan biaya administrasi dari kelurahan itu sendiri.

“Masyarakat yang mendapatkan ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat secara gratis, namun jika dikelurahan ada biaya maka itu biaya administrasi di kelurahan. Dan masing-masing KK untuk perumahan dibatasi 5 bidang dan untuk pertanian dibatasi sampai 5 hektar. Dan kita targetkan bulan depan sudah tuntas semuanya, jadi harapannya 2021 semua target selesai pada waktunya,” tutupnya.(PS/fajar)

  • Bagikan