Dikmudora Kota Kendari Gelar Coffe Morning Bahas Pembangunan Karakter Pancasila Pada Pelajar di Era 4.0

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI– Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari gelar kegiatan Coffe Morning bersama Wali Kota Kendari guna berbincang tentang profil pelajar Pancasila untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu warkop di Kota Kendari, Sabtu (19/2).

Tujuan kegiatan ini dalam rangka membangun karakter pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir menerangkan kaitan pelajar Pancasila dalam konteks visi misi Kota Kendari sebagai kota layak huni, berbasis ekologi, informasi dan teknologi perlu ada sebuah penceminan suatu pendidikan kedepannya.

“Kalau dikaitkan dengan visi misi Kota Kendari, saya berpandangan bahwa kita harus bisa memproyeksi seperti apa situasi kedepan, sehingga karakter Pancasila yang kita maksudkan pada anak-anak kita pada generasi muda kita itu, sesuatu yang klop begitu,” ujar Wali Kota Kendari saat coffe morning di salah salah Warkop di Kota Kendari, Sabtu (19/2)

Lanjutnya, bahwa perlu diketahui, profil pelajar Pancasila tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

“Profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,”tandasnya.

  • Bagikan