Tiga Hari di IKN, Jokowi Akan Berkemah di Titik Nol Nusantara

  • Bagikan
Tinjauan IKN Presiden Jokowi Bersama Gubernur Kaltim Isran Noor

FAJAR.CO.ID, NUSANTARA — Presiden Jokowi akan berkunjung ke IKN Nusantara selama tiga hari, pada 13-15 Maret 2022. Selama tiga hari di sana, Presiden Jokowi akan menghadiri serangkaian acara, antara lain ritual adat penyambutan pembangunan IKN Nusantara.

Presiden Jokowi akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi dibangunnya Istana Negara. Kepada seluruh gubernur yang hadir, Jokowi meminta mereka membawa tanah dan air dari daerah mereka masing-masing.

Tanah dan air dari penjuru negeri itu nantinya digunakan di dalam ritual adat yang akan digelar di titik nol IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin (14/3).

Air dan tanah yang dibawa para gubernur nantinya dituangkan dalam wadah besar terbuat dari tembaga yang diberi nama Kendi Nusantara. Seluruh gubernur di Indonesia saat ini dikabarkan sedang mempersiapkan tanah dan air yang akan dibawa dalam acara syukuran penyambutan pembangunan IKN Nusantara.

Tanah yang akan dibawa kepala daerah itu seberat 2 kilogram dan air sebanyak 1 liter, diambil dari suatu tempat yang dianggap sakral dan mewakili daerah masing-masing.

Gubernur Kaltim Isran Noor rencananya akan membawa tanah dan air dari dua tempat sakral di Benua Etam. Untuk mengisi Kendi Nusantara, Pemprov Kaltim, berencana akan mengambilkan air dan tanah dari Kutai Lama dan Paser.

“Tanah dan air kami ambil dari Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara dan dari Paser. Dua tempat ini sebagai perwakilan Kesultanan yang ada di Kalimantan Timur,” ucap Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov Kaltim Syafranuddin, Jumat (11/3) malam.

  • Bagikan