Mengenal Software Payroll dan Manfaat Serta Software Rekomendasinya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Saat ini beberapa perusahaan kelas kecil, menengah hingga besar sudah pulai menggunakan software payroll. Software apakah ini? Payroll merupakan aplikasi yang memudahkan perusahaan dalam memproses pembayaran gaji karyawan-karyawannya, dan sudah menjadi bagian dari sistem HRD yang terpadu dan multifungsi.

Sistem Payroll dapat menghitung gaji yang harus dibayar berdasarkan gaji pokok, uang makan, tunjangan transport, hingga uang lembur.

Dengan demikian pekerjaan rutin dari staf HRD setiap bulannya bisa lebih cepat terselesaikan, terutama dalam hal pembayaran gaji karyawan. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak penyedia software payroll terpercaya seperti Talenta by Mekari.

Software Payroll Indonesia dan Manfaatnya

Kehidupan para karyawan ini tergantung pada pemberian gaji secara rutin. Sehingga sangat penting bagi perusahaan memastikan setiap karyawannya telah menerima hak mereka secara akurat dan tepat waktu. Hanya saja seringkali terjadi adalah pembayaran gaji karyawan yang tertunda karena proses perhitungan memakan waktu cukup lama. Belum lagi jika salah hitung, bisa-bisa perusahan dikomplain oleh karyawan. 

Menyadari hal tersebut, para pemilik usaha pun mulai beralih ke sistem payroll. Saat ini, di Indonesia ada software payroll gratis dan berbayar yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memanagement pembayaran gaji karyawan. Dalam sistem payroll sendiri sudah terdapat perhitungan gaji termasuk pajak dan BPJS.

Mengapa perusahaan membutuhkan payroll software? Tentu karena memudahkan perhitungan dan pengiriman gaji yang akan diselesaikan oleh sistem dalam waktu singkat. Jika tertarik Anda bisa berinvestasi pada software payroll berbasis web maupun mobile. Namun sebelum itu, ketahui dulu beberapa manfaat software payroll berikut ini. 

  • Bagikan