Malaysia Kembali Klaim Reog Ponorogo, Sandiaga Uno Pasang Badan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memastikan pemerintah akan maksimal memperjuangkan Reog Ponorogo jadi kearifan lokal asli Indonesia yang diakui UNESCO.

Sandi menyatakan, Reog merupakan salah satu produk ekonomi berbasis budaya dan sangat spesifik berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar persoalan ini bisa dikawal sampai tuntas,” kata Sandi dalam keterangan tertulisnya yang diterima fajar.co.id, Selasa (12/4/2022).

Ia menambahkan, kesenian reog adalah peluang yang bisa menjadi daya tarik wisata yang akan membangkitkan ekonomi, menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.

“Saya beberapa kali sempat menyaksikan dan disambut oleh kesenian reog, suatu pengalaman yang luar biasa,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Sandi mengajak seluruh anak bangsa untuk bisa menampilkan reog dalam festival seni pertunjukkan, sehingga akan terus lestari

“Karena jika tidak kita lestarikan, bisa jadi kita akan kehilangan dan diklaim oleh negara lain!” tegasnya.

Sebelumnya, muncul wacana Negeri Jiran, Malaysia akan mengajukan Reog ke UNESCO disampaikan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi. Malaysia akan mendaftarkan kesenian Reog Ponorogo sebagai Barongan. (dra/fajar)

  • Bagikan